JAWABAN UAS SID

Selasa, 28 Desember 2010

|

Shofiyulloh Azhari
KPI C / VII

1. Alasan SI penting bagi kegiatan dakwah!
Jawab : untuk mengantisipasi perubahan ekonomi global
.untuk mengantisipasi perubahan masyarakat berbasis pengetahuan atau informasi
.untuk mengantisipasi perubahan tantangan dakwah global
‘’’’’’ urgensi informasi dalam dakwah Islam adalah
• pengambilan keputusan
• penyusunan perencanaan
• pengawasan
• evaluasi
• perumusan kebijakan
selain darei itu semua, internet lebih mudah di akses oleh sebagian masyarakat.

2. Apa yang dimaksud SI? Dan kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan SI?
Jawab : SI adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter, 1992).
SI adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna (Bodnar dan Hopwood, 1993)
Sistem informasi adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik. Bodnar dan HopWood (1993)
Kegiatan SI: pengambilan keputusan, penyusunan perencanaan, pengawasan, evaluasi dan perumusan kebijakan.

3. Apa dampak internet bagi dakwah, jelaskan?
Jawab : Internet bagi dakwah adalah sebagai sarana atau media. Hal ini berkaitan dengan efektifitas dan tuntutan kemajuan dakwah. Apabila kita tidak dapat memanfaatkan media yang luar biasa ini, maka kegiatan dakwah akan jauh tertinggal. Karena pada masa sekarang ini, internet sedang “merajalela” dan booming. Sekali kita berseluncur di internet, maka seluruh dunia akan dapat menerima pesan atau bahkan pesan dakwah yang kita sampaikan.
Dengan menggunakan internet dapat menekan biaya yang keluar dari kantong pribadi kita. Jadi, berdakwah dengan media internet ini dapat meningkatkan efektifitas dalam melancarkan agresi dakwah kepada ummat.

4. apa yang dimaksud dakwah virtual? Apa manfaat melakukan dakwah tsb!
Jawab : Dakwah secara virtual adalah dakwah secara nyata atau terang-terangan.Seperti dalam firman Alloh SWT yang berbunyi,
وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الأَقْرَبِينَ% وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ% فَإِنْ عَصَوْكَ فَقُلْ إِنِّي بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ[
Berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman. Jika mereka mendurhakaimu, katakanlah, “Sesungguhnya aku tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kalian kerjakan.” (QS asy-Syu’ara [26]: 214-216).
berhunungan dengan teknologi, menurut Shofiyulloh Azhari dakwah virtual berarti proses menyampaikan ajakan terhadap kebaikan secara terang-terangan (tanpa ada kemunafikan) secara modern. Modern dalam hal ini adalah penggunaan teknologi-teknologi mutakhir. Sehingga penyampaian ajakan kebenaran dapat dilakukan secara efektif dan menyeluruh.

5. Sebutkan dan jelaskan empat dampak komputer dan SI terhadap kualitas dakwah!
Jawab : Dampak computer dan SI terhadap kualitas dakwah yaitu:
Untuk ukhuwah Islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam)
· Untuk ukhuwah Insaniyah (persaudaraan sesama manusia)
· Untuk ukhuwah Wathoniah (persaudaraan dengan bangsa lain).
· Sistem informasi merupakan sarana dan alat untuk menggambarkan secara faktual mengenai kondisi dan situasi internal maupun eksternal.
· Sistem informasi membantu untuk memaksimalkan fungsi-fungsi bidang dakwah.
· Sistem informasi membantu melaksanakan kegiatan dakwah yang objektif dan tidak kaku.
· Agar informasi dakwah mudah dan cepat tersampaikan.

6. Apa yang dimaksud dengan local area network (LAN)? Apa saja komponennya, dan sebutkan fungsi tiap komponen!
Jawab : Lan adalah sejumlah computer yang saling dihubungkan bersama dalam suatu areal tertentu yang tidak begitu luas (Zenal, jurusan TI, UIN SGD, Bandung). Lebih panjangnya LAN berarti Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Komponen-komponen Dasar dan fungsi dari komponen LAN
· Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer. Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer yang besar seperti sistem minicomputer, bahkan suatu mainframe. Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone) dapat pula menggunakan jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.
· Server
Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya dikenal disk server, file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa fungsi pelayanan sekaligus.
· Link (hubungan)
Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal sebagai media transmisi yang umumnya berupa kabel. Adapun beberapa contoh dari link adalah:
1. Kabel Twisted Pair
2.Kabel Coaxial
3.Kabel Fiber Optic
· Network Interface Card (NIC)
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC).
· Network Software
Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang memungkinkan sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain.

7. Sebutkan dan jelaskan beberapa topologi jaringan yang utama?
Jawab : Pengertian topologi Jaringan adalah gambaran perencanaan hubungan antar komputer dalam Local Area Network yang umumnya menggunakan kabel (sebagai media transmisi)
dengan konektoer, ethernet card, dan perangkat pedukung lainya Berikut ini adalah beberapa topologi jaringan yang ada dan dipakai hingga saat ini, Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini.
Macam-macam Topologi Jaringan

Topologi Star/Bintang
http://1.bp.blogspot.com/_9Zd8WlWE5jc/TCJVIc2fD7I/AAAAAAAAAcc/2QMc5ARhJwE/s320/topo2.jpg

Topologi Bus

http://2.bp.blogspot.com/_9Zd8WlWE5jc/TCJVEluD3VI/AAAAAAAAAcU/5VrzY1W-2sE/s320/topo1.gif

Topologi Mesh
http://3.bp.blogspot.com/_9Zd8WlWE5jc/TCJVSNZiZ1I/AAAAAAAAAcs/lPusVIJ4-FE/s320/topo4.gif


Topologi Ring/Cincin
http://3.bp.blogspot.com/_9Zd8WlWE5jc/TCJVOAe2fXI/AAAAAAAAAck/AUUwZzZNeWQ/s320/topo3.gif


Topologi Linier
http://2.bp.blogspot.com/_9Zd8WlWE5jc/TCJVoozTgvI/AAAAAAAAAc8/F_FbeHa2WLg/s320/topo6.jpg


Komponen: server, link, workstation, metwork interface card, network software

8. jalaskan WAN, MAN, 3G, modem
Jawab : WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3G (dari bahasa Inggris: third-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video.

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.


9. Mengapa sistem computer banyak kelemahannya? Jelaskan ancaman yang paling mengancam SI saat ini?
Jawab : sistem komputer banyak kelemahannya karena tak ada sesuatu hal pun yang ada di dunia ini yang sempurna selain Alloh.
Berikut adalah table ancaman yang paling mengancam SI saat ini
Macam Ancaman Contoh
Bencana alam Gempa bumi, banjir, kebakaran, perang.
Kesalahan manusia • Kesalahan pemasukan data.
• Kesalahan penghapusan data.
• Kesalahan operator(salah memberi label pada pita magnetik.
Kegagalan perangkat lunak dan perangkat keras • Gangguan listrik.
• Kegagalan peralatan.
• Kegagalan fungsi perangkat lunak.
Kecurangan dan kejahatan komputer • Penyelewengan aktivitas.
• Penyalagunaan kartu kredit.
• Sabotase.
• Pengaksesan oleh orang lain yang tidak berhak
Program yang jahat/usil Virus, cacing, bom waktu dll.


10. Apa yang dimaksud dengan malware? Sebutkan perbedaan antara virus, worm dan Trojan!
Jawab : malware adalah Perangkat perusak (bahasa Inggris: malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah 'virus computer' terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus).Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu.
Perbedaan antara Virus, worm dan Trojan Virus komputer yaitu:
virus adalah program komputer yang masuk ke dalam sistem untuk melakukan sesuatu, misalnya meng-interupsi proses yang sedang berjalan di CPU, memperlambat kinerja komputer, memenuhi memory komputer sehingga kegiatan CPU berhenti, memenuhi hard-disk, menghapus file-file, merusak sistem operasi, dan sebagainya,
Worm atau Cacing adalah program yang dapat menggandakan dirinya sendri dan menulari komputer-komputer dalam jaringan,
Kuda Trojan adalah program yang dirancang agar dapat digunakan untuk menyusup ke dalam sistem. Sebagai contoh, kuda Trojan dapat menciptakan pemakai dengan wewenang supervisor atau superuser. Pemakai inilah yang nantinya dipakai untuk menyusup ke sistem.

11. Apa keuntungan menggunakan SID?
Jawab : keuntungan menggunakan SID
 meningkatkan efisiensi dan efektivitas
o menyajikan informasi dengan jelas
o mengotomatisasi proses yang tadinya dikerjakan manual
o mempercepat pengetikan dan editing
o pembiayaan lebih murah
 menyimpan informasi yang mudah diakses

12. Cari sebuah model sistem informasi dakwah dan buat deskripsinya!
Jawab : End User Computing (EUC) Satisfaction
Pengukuran terhadap kepuasan telah mempunyai sejarah yang panjang dalam disiplin ilmu sistem informasi. Dalam lingkup end-user computing, sejumlah studi telah dilakukan untuk meng-capture keseluruhan evaluasi di mana pengguna akhir telah menganggap penggunaan dari suatu sistem informasi (misalnya kepuasan) dan juga faktor-faktor yang membentuk kepuasan ini. (Doll et al. 1995 disitasi oleh Chin et al., 2000)
Model evaluasi ini dikembangkan oleh Doll & Torkzadeh. Evaluasi dengan menggunakan model ini lebih menekankan kepuasan (satisfaction) pengguna akhir terhadap aspek teknologi, dengan menilai isi, keakuratan, format, waktu dan kemudahan penggunaan dari sistem. Model ini telah banyak diujicobakan oleh peneliti lain untuk menguji reliabilitasnya dan hasilnya menunjukkan tidak ada perbedaan bermakna meskipun instrumen ini diterjemahkan dalam berbagai bahasa yang berbeda.
Karena saya sedang bersemangat, maka tidak hanya satu, tetapi saya tambahkan,
Technology Acceptance Model (TAM)
Model ini telah banyak digunakan dalam penelitian sistem informasi untuk mengetahui reaksi pengguna terhadap sistem informasi (Landry et. al., 2006). Metode TAM ini pertama sekali dikenalkan oleh Davis pada tahun 1989.
TAM adalah teori sistem informasi yang membuat model tentang bagaimana pengguna mau menerima dan menggunakan teknologi. Model ini mengusulkan bahwa ketika pengguna ditawarkan untuk menggunakan suatu sistem yang baru, sejumlah faktor mempengaruhi keputusan mereka tentang bagaimana dan kapan akan menggunakan sistem tersebut, khususnya dalam hal: usefulness (pengguna yakin bahwa dengan menggunakan sistem ini akan meningkatkan kinerjanya), ease of use (di mana pengguna yakin bahwa menggunakan sistem ini akan membebaskannya dari kesulitan, dalam artian bahwa sistem ini mudah dalam penggunaannya).
TAM yang memiliki elemen yang kuat tentang perilaku (behavioural), mengasumsikan bahwa ketika seseorang membentuk suatu bagian untuk bertindak, mereka akan bebas untuk bertindak tanpa batasan (gambar 1). Beberapa penelitian telah mereplikasi studi Davis untuk memberi bukti empiris terhadap hubungan yang ada antara usefulness, ease of use dan system use (Furneaux, 2006a).

13. Apa saja karakteristik DSS ? apa perbedaan DSS dann ESS!
Jawab : Karakteristik Decision Support System ( DSS )
DSS merupakan sistem berbasis computer yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan memanfaatkan data dan model untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tak terstruktur, dimana solusi tidak bisa diperoleh serta merta, sehingga masalah menjadikompleks. Contoh masalah terstruktur : perencanaan jangka pendek, laporan personal, sistemdistribusi, dan lokasi warehouse. Sedangkan contoh masalah tak terstruktur adalah pemilihan cover untuk sebuah masalah, recruitment executive, perencanaan proyek,dll.
DSS mendayagunakan resources individu-individu secara intelek dengan kemampuan
computer untuk meningkatkan kualitas keputusan. Jadi, ini merupakan sistem pendukung
berbasis computer yang dapat membantu dalam mengambil suatu keputusan dari masalahmasalah
yang semi terstriktur maupun tak terstruktur.

Perbedaan antara DSS & ESS

1. Decision Support Presented by- DEEPAK SHARMA Deepak Sharma 1 Pendukung Keputusan Disampaikan oleh-Deepak Sharma Deepak Sharma 1
2. Decision Support • Decision Making and Information Systems -Types of decisions, examples - TPS, MIS, DSS - Executive Support Systems •Comparison of DSSs and MISs Deepak Sharma 2 Dukungan Keputusan • Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi-Jenis keputusan, contoh - TPS, MIS, DSS - Sistem Pendukung Eksekutif • Perbandingan DSSS dan Miss Deepak Sharma 2
3. Types of Decisions Deepak Sharma 3 Jenis Keputusan Deepak Sharma 3
4. TPS – Transaction Processing Systems • Basic business systems that serve the organization's operational level • Input: Transactions, events • Processing: Sorting, listing, merging, updating • Output: Detailed reports, lists, summaries • Users: Operations personnel, supervisors TPS database Deepak Sharma 4 TPS - Pemrosesan Transaksi Sistem • sistem bisnis dasar yang menjadi tingkat operasional organisasi Input •: Transaksi, acara • Pengolahan: Sortasi, daftar, penggabungan, memperbarui Output •: Laporan rinci, daftar, ringkasan • Pengguna: Operasi personil, pengawas TPS database Deepak Sharma 4
5. MIS – Management Information Systems •Serve management level; provide reports and access to company data •Input: Summary transaction data, high-volume data, simple models •Processing: Routine reports, simple models, low-level analysis •Output: Summary and exception reports •Users: Middle managers TPS database Deepak Sharma 5 MIS - Manajemen Sistem Informasi • Sajikan level manajemen, menyediakan laporan dan akses ke data perusahaan • Input: Ringkasan data transaksi, tinggi volume data, model sederhana • Pengolahan: laporan rutin, model sederhana, rendah tingkat analisis • Output: Ringkasan pengecualian dan laporan • Pengguna: manajer Tengah TPS database Deepak Sharma 5
6. MIS – Management Information Systems Deepak Sharma 6 MIS - Manajemen Sistem Informasi Deepak Sharma 6
7. DSS – Decision Support Systems • Serve management level with data analysis for making decisions • Input: Low-volume data or massive databases, analytic models, and data analysis tools • Processing: Interactive, simulations, analysis • Output: Special reports, decision analyses, responses to queries • Users: Professionals, staff managers Other Data Other Data TPS database Deepak Sharma 7 DSS - Sistem Pendukung Keputusan • Sajikan level manajemen dengan analisis data untuk membuat keputusan • Input: data rendah-volume atau database besar, model analitik, dan alat analisis data • Pengolahan: Interaktif, simulasi, analisis Output •: laporan khusus, analisis keputusan, tanggapan atas permintaan • Pengguna: Profesional, manajer staf Lain Data lain Data TPS database Deepak Sharma 7
8. Overview of a Decision-Support System Figure 12-3 Deepak Sharma 8 Tinjauan dari Sharma Gambar Sistem Dukungan Keputusan-12-3 Deepak 8
9. DSS – Voyage Estimating System Deepak Sharma 9 DSS - Sistem Voyage Memperkirakan Deepak Sharma 9
10. Selected DSS Applications Deepak Sharma 10 Aplikasi DSS Dipilih Deepak Sharma 10
11. Executive Support Systems Other Data Other Data TPS database • Provide communications and computing environment that serves the organization's strategic level • Input: External and internal aggregate data • Processing: Graphics, simulations, interactive • Output: Projections, responses to queries • Users: Senior Managers Deepak Sharma 11 Eksekutif Dukungan Sistem Lainnya Data Lainnya Data TPS • database Menyediakan komunikasi dan lingkungan komputasi yang melayani level strategis organisasi • Input: Eksternal dan data agregat internal • Pengolahan: Graphics, simulasi, Output • interaktif: Proyeksi, tanggapan terhadap pertanyaan • Pengguna: Manajer Senior Deepak Sharma 11
12. Executive Support Systems Deepak Sharma 12 Sistem Support Eksekutif Deepak Sharma 12
13. Putting Decision Support All Together The 4 Major Types of Information Systems Deepak Sharma 13 Puting Pendukung Keputusan Semua Bersama The 4 Jenis Utama Sistem Informasi Deepak Sharma 13
14. Comparison of DSSs and MISs Deepak Sharma 14 Perbandingan DSSS dan Miss Deepak Sharma 14
15. Summary Management Information Systems(MIS) - These systems access, organize, summarize, and displayed information for supporting routine decision making in the functional areas. Ringkasan Sistem Informasi Manajemen (SIM) - ini mengakses sistem, mengorganisasikan, meringkas, dan ditampilkan informasi untuk mendukung keputusan rutin keputusan dalam bidang fungsional. Decision support system (DSS) - an organized collection of people, procedures, software, databases, and devices working to support managerial decision making Group decision support system (GDSS) - also called a computerized collaborative work system, consists of most of the elements in a DSS, plus software needed to provide effective support in group decision-making settings Executive support systems (ESSs) - specialized decision support systems designed to meet the needs of senior management Deepak Sharma 15 Sistem pendukung keputusan (DSS) - sebuah koleksi terorganisir dari orang, prosedur, perangkat lunak, database, dan perangkat kerja untuk mendukung pengambilan keputusan manajerial Group decision support system (GDSS) - juga disebut sistem kerja kolaboratif terkomputerisasi, terdiri dari sebagian besar elemen dalam perangkat lunak DSS, ditambah diperlukan untuk memberikan dukungan yang efektif dalam kelompok sistem pengambilan keputusan pengaturan dukungan Eksekutif (ESSs) - sistem pendukung keputusan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan manajemen senior Deepak Sharma 15




Daftar Pustaka
www.btw.web.id/jenis-jenis-ancaman-terhadap-sistem-informasi.php
http://the0fdragon.blogspot.com/2009/09/wan-wan-adalah-singkatan-dari-istilah.html
http://the0fdragon.blogspot.com/2009/09/wan-wan-adalah-singkatan-dari-istilah.html
Education Volume 4 Number 1 January 2006 Printed in the U.S.A. available from: [Accessed 09 Agustus 2006]
# Comparison of DSSs and MISs Deepak Sharma 14 Perbandingan DSSS dan Miss Deepak Sharma 14
Soedrajat Soegito. (2003) sistem informasi manajemen, penerbitan Universitas
Terbuka, Jakarta
www.wikipedia.com
http/mbah google.co.id/
Furneaux, B. (2006a) Theories Used in IS Research: Technology Acceptance Model. Available from: [Accessed 09 Agustus 2006] .

1 komentar:

BOKUNTIL CELL mengatakan...

Alhamdulillah
mantaps...

Posting Komentar